Analisis Pengetahuan K3 pada Pegawai Tenaga Kesehatan di IGD RS Muhammadiyah Gresik

Main Article Content

Ricky Haryanto
Delima Puspita Febrianti
Nafia Prasetyo
Aqni Aprinia
Muhammad Faradian Ramadhan
Feny Tunjungsari
Pamela Andria Putri Kusuma Sumarauw

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat K3RS adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan bagi sumber daya manusia rumah sakit, pasien, pendamping pasien, pengunjung, maupun lingkungan rumah sakit melalui upaya pencegahan kecelakan kerja dan penyakit akibat kerja di rumah sakit. Data global berdasarkan international Labour Organization (ILO) memperkirakan sekitar 2,3 juta perempuan dan laki-laki di seluruh dunia meninggal karena kecelakaan Kerja (KK) atau penyakit akibat kerja (PAK) setiap tahunnya. Analisis situasi dilakukan dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) melalui interview pada tenaga kesehatan yang bekerja di IGD RS Muhammadiyah Gresik. Berdasarkan hasil analisis situasi didapatkan peningkatan pengetahuan dan sikap karyawan tersebut berdasarkan perhitungan n-gain masuk dalam kategori sedang yaitu rentang 0,3 - 0,7. Kesimpulan yang didapatkan berdasarkan  hasil  evaluasi  dan  pembahasan dapat disimpulkan secara umum pelaksanaan kegiatan penyuluhan kesehatan dan keselamatan kerja bagi pegawai tenaga kesehatan di IGD rumah sakit dapat dipahami oleh pegawai walaupun waktu yang dilaksanakan  cukup  singkat. Hasil dari komparasi antara pretest dan posttest menunjukan hasil yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Haryanto, R., Febrianti, D. P. ., Prasetyo, N. ., Aprinia, A. ., Ramadhan, M. F. ., Tunjungsari, F. ., & Sumarauw, P. A. P. K. . (2024). Analisis Pengetahuan K3 pada Pegawai Tenaga Kesehatan di IGD RS Muhammadiyah Gresik. CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal, 4(3). https://doi.org/10.37148/comphijournal.v4i3.182
Section
Research Articles

References

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 66 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/114482/permenkes-no-66-tahun2016

ILO, 2022. World Statistic. Link: https://www.ilo.org/moscow/areas-of work/occupational-safety-and-health/WCMS_249278/lang--en/index.htm.

WHO, 2022. Occupational health: health workers. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/occupational-health--health-workers.

KEMNAKER RI. PROFIL KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA NASIONAL INDONESIA TAHUN 2022. Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia; 2022.

International Labour Organization (ILO). Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pekerja Muda. Diakses online di http://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public, 2018.

Suma’mur, P.K., 2013, Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes), Jakarta : Sagung Seto.

Waryana. 2016. Promosi Kesehatan, Penyuluhan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Nuha Medika: Yogyakarta

Aisyah, S., & Pratiwi, I. N. (2020). Analisis Tingkat Penyerapan Tenaga Kerja di Karesidenan Surakarta. University Research Colloquium.

Redjeki, S., 2016. Modul Bahan Ajar Cetak Farmasi: Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wpcontent/uploads/2017/08/Kesehatan-dan-Keselamatan-Kerja-Komprehensif.pdf

Ivana, A., Widjasena, B., Jayanti, S., 2014. Analisa Komitmen Manajemen Rumah Sakit (RS) Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada RS Prima Medika Pemalang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/download/6372/6150

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>