Hubungan Tingkat Stres Dengan Durasi Bermain Game Online Pada Mahasiswa Angkatan 2020 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya

Main Article Content

Muhammad Rafly
I Ketut Tirka Nandaka
Wahyu Prasasti Mutiadesi
Irma A. Pasaribu

Abstract

Stres dapat dialami oleh siapa saja, termasuk mahasiswa, dan penyebabnya dapat berasal dari berbagai faktor seperti lingkungan, faktor internal diri, atau pikiran. Saat menghadapi situasi yang memicu terjadinya stres tubuh akan merespon dengan mengalami stres. Jika stres ini tidak ditanggulangi, dapat berkembang menjadi stres berat, dan tanpa penanganan yang tepat dapat mengalami gangguan mental serius seperti depresi, dan gangguan kecemasan. Ketika seseorang mengalami stres, ada upaya untuk mengatasinya, dan salah satu caranya adalah dengan bermain game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain game online pada mahasiswa Angkatan 2020 pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. penelitian ini bersifat observational analitik merupakan penelitian yang menjelaskan adanya hubungan antar variable. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dimana semua data yang menyangkut variable penelitian diukur pada waktu bersamaan (point time approach). Sampel diambil dengan teknik pengambilan simple random sampling sebanyak 64 orang. Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. menggunakan analisis uji korelasi spearmen dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 atau 95%. Hasil uji statistic didapatkan nilai p = 0,907 > α = 0,005. Didapatkan bahwa tidak adanya hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain game online. Tidak ada hubungan tingkat stres dengan durasi bermain waktu bermain game online pada mahasiswa Angkatan 2020 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rafly, M., Nandaka, I. K. T., Mutiadesi, W. P., & Pasaribu, I. A. . (2024). Hubungan Tingkat Stres Dengan Durasi Bermain Game Online Pada Mahasiswa Angkatan 2020 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal, 5(1). Retrieved from http://comphi.sinergis.org/comphi/article/view/205
Section
Research Articles

References

Kecanduan Bermain Game Online Dengan Depresi Pada Siswa SMP. [online] https://doi.org/10.33024/jpm.v1i2.1868.

Prima Matur, Y., Simon, M.G., Ndorang, T.A., Ruteng, P., Yani, J.J.A. and Flores, R., 2021. Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Sma Negeri Di Kota Ruteng. 55 Jwk,

Putri, A.N.A., 2019. Hubungan Tingkat Stres Dengan Durasi Waktu Bermain.

Saptaning Wilujeng, C., Gizi, D., Ilmu Kesehatan, F., Yusuf Habibie, I. and Dwi Indiah Ventyaningsih, A., 2023. Hubungan antara Jenis Kelamin dengan Kategori Stres pada Remaja di SMP Brawijaya Smart School. SSEJ, .

Setiawati, O.R. and Setyowati, S., 2021. Kecanduan game online dengan stres akademik pada siswa SMP. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(1), pp.81–88. https://doi.org/10.33024/hjk.v15i1.3433.

Suralaga, C., Misgiati, D.E., Mayasari, A., Kebidanan, U.P. and Kesehatan, I., 2023. Hubungan Lama Bermain Game Online Dengan Tingkat Stres Dan Kualitas Tidur Pada Remaja. [online] Available at: <http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP>.

Tiara Pertiwi, S., Fransiska Moeliono, M., Kendhawati, L., Studi Magister Profesi Psikologi, P., Psikologi, F., Padjadjaran Jl Raya Bandung-Sumedang, U.K., -Sumedang, J., Barat, J. and untuk Korespondensi, P., 2021. Depresi, Kecemasan, dan Stres Remaja selama Pandemi Covid-19. 6(2). https://doi.org/10.36722/sh.v%vi%i.497.

Most read articles by the same author(s)